Ini yang dilakukan Pengacara Perceraian Dalam Menyelesaikan Perkara Perceraian

Ini yang dilakukan Pengacara Perceraian Dalam Menyelesaikan Perkara Perceraian

 

Ketika seseorang hendak menggugat cerai pasangannya, dan mengalami kesulitan menangani setiap aspek legal yang menyertai, pengacara perceraian menjadi solusi. Proses yang rumit membuat pengacara bidang ini wajib menguasai seluk-beluk menangani kasus, mulai dari bertemu klien untuk pertama kali, hingga mengajukan kasus ke pengadilan jika perlu.

 

 

 

Berikut hal-hal yang akan dilakukan pengacara terkait recana perceraian kliennya.

 

  1. Menjalin Kepercayaan Klien

Pengacara yang baik akan menjalin komunikasi secara berhati-hati dengan kliennya, apalagi perceraian adalah pilihan yang berat. Pengacara akan menjalin kepercayaan dengan cara mendengarkan, menyatakan simpati, menjelaskan prosedur secara garis besar, serta menawarkan bantuan sesuai kapasitasmya. Hal ini penting untuk menjalin komunikasi efektif.

 

  1. Mencari Delik Aduan yang Sah

Untuk mengajukan gugatan cerai, pihak penggugat wajib memiliki delik aduan yang sah. Pengacara dapat membantu kliennya menemukan delik aduan yang jelas, misalnya kegagalan melayani istri secara seksual, perdebatan yang tidak menemukan jalan keluar, pernyataan talak tiga, hingga tindakan yang secara langsung mengancam jiwa klien.

 

  1. Membantu Menyusun Posita

Fundamentum Petendi alias posita adalah laporan berisi kronologi pernikahan dan pasangan, hingga ke masa di mana gugatan cerai dilayangkan. Isinya antara lain tanggal pernikahan, tanggal kelahiran anak, serta tindakan paling buruk yang pernah dilakukan pasangan. Intinya, posita yang bagus akan membantu mempercepat proses serta memeriksa data.

 

  1. Membantu Menyiapkan Dokumen Pribadi

Pengacara membantu klien untuk menyiapkan semua dokumen yang dibutuhkan untuk proses pengadilan. Dokumen standar yang harus disiapkan antara lain surat nikah, foto kopi KK dan KTP penggugat, hingga fotokopi akta kelahiran anak. Semua dokumen yang bersifat kopian harus dilegalisir.

 

  1. Membantu Menyiapkan Dokumen Tanah dan Bangunan

Jika klien ingin mengurus harta gono-gini dan warisan, pengacara harus menuntun klien untuk menyiapkan fotokopi dokumen seperti surat BPKB dan STNK, sertifikat tanah, tanda transaksi jual-beli, dan berbagai bon transaksi.

 

  1. Menemukan Bukti dan Saksi

Jika gugatan cerai dilayangkan karena adanya kecurigaan tindakan kekerasan, pengacara harus membantu klien untuk menemukan bukti serta saksi. Untuk kasus kekerasan rumah tangga yang mengakibatkan dampak fisik, pengacara akan membantu klien mendapat bukti visum. Saksi juga dipilih agar kelak bisa bersaksi di pengadilan.

 

  1. Membantu Klien Menulis Surat Gugatan Cerai

Surat gugatan cerai merupakan “kabar” resmi dari penggugat dalam rangka pengajuan gugatan cerainya. Pengacara tidak hanya membantu menyusun kata-kata, tetapi juga memberi petunjuk tentang apa yang akan dicantumkan, agar tidak menimbulkan kesalahpahaman.

 

Setelah melalui langkah-langkah ini, klien bisa langsung mendaftarkan diri ke pengadilan agama.

 

 

 

Ciri Pengacara yang Baik

Perceraian adalah hal yang menimbulkan reaksi emosional serta berbagai masalah tambahan, sehingga pengacara bidang ini harus memiliki keahlian khusus serta sifat positif. Contoh keterampilan dan sifat baik ini antara lain:

 

  • Kemampuan menenangkan klien

Klien yang hendak menggugat cerai (serta yang digugat) pasti memiliki kondisi psikologis yang kalut. Kehadiran pengacara yang baik akan membantu klien melewati tugas-tugas administratif untuk mengurus pengadilan.

 

  • Tidak mengombang-ambingkan calon klien

Beberapa pengacara sulit atau tidak bisa dihubungi terlalu sering. Terkadang, ada pengacara yang tidak menanggapi laporan dan permintaan dari calon klien selama berminggu-minggu. Akibatnya, klien harus menunggu lagi untuk mengajukan gugatan cerai.

 

  • Terbuka, jujur, tidak bertele-tele

Pengacara yang baik mampu menyeimbangkan antara kemampuan menenangkan klien dengan sikap tegas dan praktis. Idealnya, pengacara harus jujur tentang hal-hal yang akan dihadapi klien saat mengurus perceraian. Akan tetapi, pada saat yang sama, pengacara juga harus bisa menenangkan klien saat menyampaikan fakta.

 

Pengacara perceraian tidak menjamin kelancaran gugatan cerai, tetapi pengacara yang baik akan selalu berusaha menghadirkan hasil terbaik untuk kliennya.

 

 

 

Baca juga:  5 Tips Yang Harus Anda Lakukan Sebelum Memilih Pengacara Perceraian

 

 

 

Leave a Comment