Baik Mana Punya Kantor Di Virtual Office Atau Coworking Space?

Baik Mana Punya Kantor Di Virtual Office Atau Coworking Space?

 

Antara memiliki kantor secara virtual yang mana tidak terlihat secara fisik atau coworking space dengan konsep kantor bersama, mungkin sebagian besar akan memilih yang kedua. Dengan berbagai alasan menyertai tentunya. Salah satunya, nampak seperti pengusaha pada umumnya yang mampu menunjukkan letak kantor dan beraktivitas di dalamnya secara rutin.

Namun, bukan berarti kantor virtual itu buruk. Ada beberapa alasan pula bagi orang yang memilih kantor virtual dibanding coworking space. Beberapa keuntungan dan kekurangan pun menyertai. Untuk lebih lanjut, mari simak uraian singkat berikut.

Apa itu Virtual Office dan Coworking Space?

Virtual office atau kantor virtual ialah layanan yang memberikan Anda ruangan kantor dengan fasilitas layaknya ruang kerja sungguhan dengan identitas alamat, nomor telepon, tanpa perlu Anda maupun staf perusahaan berada di dalamnya. Layanan ini biasanya disewakan dalam rentang waktu tertentu, bisa harian, mingguan, bulanan, maupun tahunan—disesuaikan dengan kebutuhan.

Coworking Space sendiri merupakan sebuah konsep ruang kerja yang dipakai bersama. Berbeda dengan kantor pada umumnya yang merupakan bilik-bilik tiap divisi atau per kubikel untuk setiap orang, maka coworking space menawarkan area yang bebas tanpa sekat dengan desain lebih modern, serta memberi kesan homy. Setiap orang dari unit perusahaan yang menyewa coworking space dapat berinteraksi dengan bebas, untuk berbagi ilmu atau mungkin bekerja sama di kemudian hari.

Keuntungan dan Kerugian Virtual Office

Virtual office sendiri memiliki keuntungan dan kekurangan. Di antara keuntungan yang dapat diambil ialah:

  1. Bujet lebih hemat karena tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pembelian gedung. Cocok untuk pemula yang baru saja menjalankan bisnis dengan modal tidak terlalu besar.
  2. Adanya fasilitas resepsionis yang diberikan pihak penyedia, dapat memberi kesan jika perusahaan Anda nyata dan menunjukkan tanggung jawab dalam berbisnis.
  3. Alamat yang dimiliki bisa berada di tempat bergengsi dengan lokasi strategis yang mampu menarik banyak minat konsumen.
  4. Sistem penyewaan yang lebih fleksibel yaitu bisa upgrade maupun downgrade kapan saja, sesuai kebutuhan.

Selain keuntungan, virtual Office juga memiliki kekurangan, yaitu:

  1. Kecepatan bekerja dan kualitas pekerjaan karyawan tidak dapat terpantau dengan baik.
  2. Semangat dalam bekerja bisa sewaktu-waktu menurun ketika keadaan sekitar lingkungan tidak mendukung. Hal ini dapat berimbas pada pekerjaan yang bisa saja terbengkalai.
  3. Jika Anda mengikuti proyek besar, maka ruang kantor virtual tidaklah cocok. Pasalnya, ini justru menunjukkan perusahaan tidak profesional dan mendapat penilaian kurang karena alamat yang dipakai adalah alamat virtual yang bisa dimiliki oleh banyak orang.

Kelebihan dan Kelemahan Coworking Space

Coworking space juga memiliki kelebihan dan kelemahan tersendiri. Di antara kelebihannya ialah:

  1. Jika coworking space yang Anda sewa hanya diperuntukkan untuk perusahaan yang memiliki bidang sama, maka kemungkinan untuk adanya kerja sama dan membentuk perusahaan gabungan lebih tinggi.
  2. Anda dapat mengembangkan potensi diri dengan menunjukkan kualitas ketika bekerja di lingkungan coworking space.
  3. Meski santai, namun kondisi kerja tetap nyaman, efektif, serta efisien.
  4. Dibanding harus membangun perusahaan berkonsep santai dan homy, coworking space lebih hemat.
  5. Fasilitas yang dibutuhkan untuk bekerja tersedia tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan lagi.

Tentu kelebihan tidak mungkin tanpa kelemahan. Maka, kelemahan dari coworking space adalah:

  1.  Untuk tipikal pekerja serius, maka konsep ruang bersama tidak cocok karena dapat menghilangkan konsentrasi.
  2. Privasi pun tidak terjaga karena setiap unit perusahaan berkumpul dengan unit perusahaan lain.

Baca juga: Tips membangun bisnis startup

Itulah gambaran singkat mengenai virtual office maupun coworking space. Tinggal Anda menentukan mana yang cocok untuk perusahaan yang tengah dikembangkan dan sesuaikan dengan kebutuhan.

Leave a Comment