Bagaimana Menghadapi Suami yang Selingkuh Menurut Islam?

Bagaimana Menghadapi Suami yang Selingkuh Menurut Islam? 

 

Suami terlibat perselingkuhan dengan wanita lain? Ini menurut pandangan Islam.

Suami tergoda atau memiliki wanita idaman lain bukan merupakan hal yang baru. Pesatnya perkembangan zaman yang ditandai dengan hadirnya era internet pun semakin menyuburkan kasus semacam ini. Facebook, Twitter, Instagram,WhatsApp, atau semacamnya pun paling banyak dijadikan media selingkuh.

 

Baca juga: Undang undang perceraian di Indonesia

 

 

 

Selingkuh Menurut Pandangan Islam

Dalam agama Islam sendiri, mengkhianati pasangan (berselingkuh) sudah tergolong zina yang dosanya sangat besar. Hal ini tercantum dalam Alquran surat Al-Isra’: 32 yang artinya:

 

“Dan janganlah kalian mendekati zina. Sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk.” 

 

 

Serta Hadis Riwayat Bukhari dan Muslim yang artinya:

 

“Sesungguhnya Allah menetapkan bagian zina untuk setiap manusia. Dia akan mendapatkannya dan tidak bisa dihindari. Zina mata dengan melihat, zina lisan dengan ucapan, zina hati dengan membayangkan dan gejolak syahwat, sedangkan kemaluanlah yang membenarkan semua itu atau mendustakannya.”

 

 

 

 

Bagaimana Jika Suami Ketahuan Berselingkuh?

Perasaan istri mana, sih, yang tak sakit ketika mengetahui sang pasangan ternyata menyimpan nama perempuan lain di hatinya? Namun, sebagai seorang muslimah yang baik sudah sepatutnya Anda ikhlas dan bersabar sembari mencari jalan keluar terbaik.

 

Jika suami kedapatan berselingkuh, berikut upaya yang bisa Anda coba sebelum buru-buru meminta cerai:

 

  1. Konfirmasi kepada Pasangan

Anda mungkin merasa jika pasangan memiliki wanita lain di luar sana. Hal ini bisa jadi benar, tapi juga bisa keliru. Untuk menghindari konflik berkepanjangan dan hal-hal yang tak diinginkan, ada baiknya Anda mengonfirmasikannya kepada suami. Tanyakan baik-baik apakah betul dirinya telah berselingkuh.

 

Mungkin saja suami tak jujur dalam menjawab dan berusaha menutup-nutupi. Jika memang demikian, Anda perlu sedikit bersabar sembari mengumpulkan bukti-bukti perselingkuhannya.

 

 

  1. Mengingatkan

Selingkuh bisa saja terjadi karena suami khilaf. Sebagai seorang istri, tugas Anda adalah mengingatkan dan mengajaknya kembali ke jalan yang benar. Ingatkan kepadanya bahwa Anda masih mencintainya dan ada anak-anak yang memerlukan kasih sayang lengkap dari kedua orang tuanya.

 

Ingatkan juga suami bahwa selingkuh termasuk perbuatan zina yang dosanya sangat besar.

 

 

  1. Tanyakan Apa Maunya

Jika kedua cara di atas tidak berhasil, tanyakan secara tegas kepada sang suami alasan berselingkuh, apa yang diinginkan dari hubungan tak halal semacam itu, dan bagaimana dengan nasib rumah tangganya dengan Anda; apakah akan dilanjutkan atau diakhiri. Ya, Anda perlu mendapat kepastian.

 

 

  1. Jangan Pernah Menyalahkan Diri Sendiri

Jika suami berselingkuh, bolehlah introspeksi diri, tapi jangan pernah sekali pun menyalahkan diri sendiri. Memang ada tipe-tipe suami yang berselingkuh karena hobi, sebaik dan secantik apa pun istrinya.

 

Jika seorang suami berselingkuh, tidak melulu karena istrinya kurang ini dan itu. Sebab suami yang baik dan setia takkan pernah sekalipun menghianati pasangannya.

 

 

  1. Jika Bercerai adalah Keputusan Terbaik…

Penghianatan memang sangat perih. Namun, Anda juga perlu mempertimbangkan banyak hal jika ingin berpisah dari suami yang sudah ketahuan berselingkuh, terutama jika sudah hadir buah hati dalam pernikahan.

 

Jangan ragu untuk meminta masukan dan pendapat dari keluarga dan/atau pakar konseling keluarga. Namun, jika Anda menganggap bahwa berpisah adalah solusi terbaik, maka tempuhlah tanpa melukai perasaan anak-anak. Bagaimana caranya? Itu PR Anda dan suami.

 

 

Terakhir, jangan pernah berputus asa dari rahmat Allah Swt. Mohonlah agar diberi petunjuk dan kekuatan untuk menjalani hidup pasca-perceraian, sebab tak bisa dimungkiri, pada masa-masa setelah berpisah,

Leave a Comment