5 Faktor yang Menentukan Harga Jual Kurma Muda

supplier Kurma muda

Harga kurma muda biasanya disesuaikan dengan jenis, kualitas, dan lokasi pembeliannya apakah retail atau partai besar.

Kurma muda dipercaya oleh banyak masyarakat bisa mempercepat program kehamilan. Kepercayaan ini muncul dari kebiasaan masyarakat di Jazirah Arab yang sering mengonsumsi kurma muda untuk mempercepat mendapatkan anak. Kebiasaan ini akhirnya diikuti juga oleh masyarakat Indonesia.

Sebenarnya penelitian tentang kurma muda bisa mempercepat kehamilan belum ada. Semua hanya berdasarkan pengalaman beberapa orang. Dari pengalaman inilah akhirnya banyak yang mencoba dengan efek asli dari kurma atau mungkin efek placebo.

Akibat banyaknya permintaan pada kurma muda, harga dari komoditas ini akhirnya mahal. Kurma ini lebih mahal dari kurma jenis kering atau setengah kering. Harga dari kurma muda biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor di bawah ini.

1. Banyaknya Permintaan

Seperti halnya komoditas yang lain, harga kurma muda atau sebenarnya kurma jenis busr dengan usia buah 120 hari ini akan naik sesuai dengan permintaan. Saat ini harga di Indonesia berkisar Rp125-150 ribu per 500 gram. Harga ini bisa berubah-ubah sesuai dengan waktu.

Oh ya, karena kurma muda tidak terlalu awet dibandingkan kurma yang sudah matang dan kering, harganya bisa saja anjlok mendekati buah busuk. Jadi, penyimpanan kurma muda ini harus dilakukan dengan benar agar awet, tahan lama, dan harganya terus stabil di pasaran.

2. Asal Kurma Diimpor

Kurma muda yang hadir di Indonesia sebagian besar berasal dari kawasan Jazirah Arab. Setiap bulan atau mungkin minggu, pedagang akan mengimpor langsung dari asalnya untuk memenuhi kebutuhan di dalam negeri. Jumlah ini biasanya naik menjelang Hari Raya atau saat musim pernikahan.

Beberapa kurma memiliki harga yang lebih murah karena biaya untuk impornya lebih murah. Pedagang besar bisanya beli dalam jumlah banyak sehingga harga retail menjadi lebih murah. Selain itu, kualitas dari kurma juga menentukan harganya sehingga bisa mahal atau lebih murah.

3. Jenis Kurma Muda

Kurma muda atau busr tidak sama dengan ruthob. Kurma muda biasanya berusia 105-120 hari sementara kurma ruthob berusia 150 hari. Kurma muda masih memiliki rasa segar dan daging buangnya renyah. Saat dikunyah akan ada rasa kres dan sesekali terasa agak sepat.

Kurma muda yang ada di pasaran Indonesia jenisnya ada tiga. Pertama adalah kurma yang berwarna hijau pekat. Kurma ini masih mentah dan kandungan nutrisinya tidak terlalu banyak. Secara harga harusnya lebih murah. Selain itu ada kurma muda warna hijau agak muda dan kekuningan, kurma ini sudah masuk jenis busr.

Selanjutnya ada kurma dengan warna merah dan kuning. Kurma ini berasal dari jenis tumbuhan yang berbeda. Di Arab sendiri kurma kuning lebih banyak dikonsumsi dan mahal karena memiliki tekstur renyah dan rasanya lebih manis.

4. Lokasi Pembelian

Kurma muda bisa dibeli langsung dari supplier yang mengambil dari Arab langsung, di toko online, atau toko oleh-oleh Haji. Harga mungkin bervariasi dan biasanya dari supplier jauh lebih murah. Kalau Anda beli dalam jumlah banyak untuk keperluan reseller mungkin akan lebih murah lagi.

5. Merek atau Pengemasan

Beberapa kurma muda sudah hadir dalam bentuk kemasan repackage dengan harga yang kemungkinan lebih mahal. Selain itu ada juga kurma muda yang sudah diolah menjadi bubuk siap seduh dengan harga bervariasi.

Anda disarankan untuk membeli kurma muda dengan warna kuning saja. Kurma ini lebih nyaman di lidah dan memiliki nutrisi yang lebih banyak.

Inilah sekilas ulasan tentang harga kurma muda. Semoga bisa menambah pengetahuan Anda.

Anda butuh kurma muda yang fresh dan berkualitas, kami memiliki supplier yang siap mengirimkan pesanan Anda langsung dari Mesir. Pemesanan lewat nomer berikut ini 🙂  083899794533

Sampai jumpa pada pembahasan bisnis lainnya di SPY ON BISNIS berikutnya.

Leave a Comment