Berikut Cara Mengubah UKM Menjadi PT, Gampang Banget Loh

Acap kali pelaku UKM ragu untuk mengurus pendirian PT sebab kurang paham dengan langkah-langkahnya. Banyak pelaku UKM yang berpikir untuk membuat UKM menjadi PT itu sulit. Padahal dengan memiliki badan hukum, sebuah UKM akan banyak menikmati keuntungan untuk keberlangsungan kehidupan bisnis.

Salah satu keuntungan ialah dalam hal pengajuan kredit. Pihak bank akan lebih tertarik kepada mereka yang telah beralih ke PT daripada yang belum, sebab seluk beluknya jelas. Begitu pula ketika akan mengurus perpajakan. Pihak pajak akan lebih mudah menangani UKM yang memiliki badan usaha.

Di Indonesia, badan usaha PT menjadi favorit para pelaku bisnis yang ingin mengembangkan sayap usahanya.

Lalu, bagaimanakah langkah-langkah dalam mengubah UKM biasa menjadi PT? Simak uraian di bawah ini.

Memenuhi Syarat-Syarat Umum

Berikut Cara Mengubah UKM Menjadi PT, Gampang Banget Loh

Ada beberapa syarat umum yang hendaknya tidak dilewatkan oleh pelaku UKM jika ingin mendirikan PT. Berikut ini syarat-syarat umum tersebut.

  • Modal

Untuk mengajukan  pendirian PT, besaran modal UKM ditentukan oleh para pendiri PT. Ini menurut PP No 29 Tahun 2016 tentang Modal Dasar Perseroan Terbatas.

  • Pembukuan

Pembukuan ini wajib dijalankan oleh setiap perusahaan. Tidak hanya aset berupa uang namun juga berupa barang. Ada berbagai hal yang hendaknya dimasukkan ke dalam pembukuan, seperti apa pun yang berkaitan dengan kebutuhan perusahaan, kekayaan perusahaan, surat keluar dan surat masuk, seluruh perjanjian kerja, laporan per periodik, arsip, kas, neraca, barang masuk dan keluar, segala hal yang berkaitan dengan klien, dan sebagainya.

  • Pajak

Komitmen dalam membayar pajak harus ada di setiap pelaku usaha PT. Pajak-pajak yang harus dibayarkan kepada negara yaitu Pajak Penghasilan (PPh), Pajak Pertambahan Nilai (PPN), dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM).

 

Cara Mendirikan PT

Berikut Cara Mengubah UKM Menjadi PT, Gampang Banget Loh

  1. Membuat Akta Pendirian

Membuat akta pendirian PT pada notaris setempat. Notaris akan melakukan evaluasi terhadap kelengkapan dan nama PT yang diajukan. Notaris mengecek daftar nama perusahaan pada Sistem Administrasi Badan hukum (SABH) untuk mengetahui apakah nama sudah terpakai belum. Jika belum dan disetujui, nama PT bisa dipakai maksimal setelah 15 hari pengajuan.

 

 

  1. Mendapatkan Surat Keterangan Domisili Usaha

Anda hanya perlu mendatangi kantor kelurahan atau kantor kepala desa setempat untuk mendapatkan surat ini.

 

 

  1. Mengurus NPWP

Tidak hanya perseorangan, NPWP pun sangat penting untuk sebuah perusahaan berbadan hukum. Anda cukup pergi ke kantor pajak di kota Anda untuk memperoleh NPWP. Bawalah kopian akta perusahaan dan surat keterangan domisili

 

 

  1. Mendapatkan Surat Keputusan Pendirian Perusahaan dari Kementerian Hukum dan HAM RI

Surat ini akan sekaligus diurus oleh notaris ketika Anda mengajukan penerbitan akta perusahaan.

 

 

  1. Mengurus Perizinan Usaha

Berbagai perizinan bisa didapatkan dengan membawa persyaratan ke pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) yang ada di daerah perusahaan berdomisili. Perizinan-perizinan yang harus Anda kantongi untuk menjadikan UKM sebagai PT yaitu SITU (Surat Izin Tempat Usaha), SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan), dan TDP (Tanda Daftar Perusahaan).

 

Untuk mendapatkan SITU dari pemerintah daerah setempat Anda cukup menyerahkan proposal, mengisi formulir, melampirkan denah lokasi perusahaan, fotokopi KTP pengurus perusahaan, fotokopi NPWP, fotokopi surat bukti kepemilikan tanah dan bangunan. Proposal berisi penjelasan terkait rencana sekaligus penjelasan detail mengenai usaha yang akan ditawarkan. Biaya modal usaha juga diuraikan secara gamblang pada proposal.

 

Adapun untuk mendapatkan SIUP, Anda perlu mendatangi Dinas Perdagangan setempat. Syarat-syarat yang harus dibawa antara lain, fotokopi KTP pemegang saham, fotokopi NPWP, Surat Keterangan Domisili, SITU, neraca perusahaan, dan materai Rp6.000,00.

Cara pendirian PT di atas dapat menjadi patokan Anda ketika akan mengajukan pendirian PT. Segeralah mempersiapkan semua syarat-syaratnya kemudian diurus sesuai prosedur. Setelah itu Anda dapat menikmati berbagai manfaat dan peluang dalam menjalankan bisnis.

 

Bingung untuk menentukan perizinan usaha yang anda lakukan?
Gamau ada kendala dalam menjalankan usaha?
PROLEGAL siap membantu anda, segera hubungi hotline kami di +62822 1000 9872 atau emailinfo@prolegal.id.

 

 

Leave a Comment