Ini Cara Mendirikan Perkumpulan Yang Legal

 

Ini Cara Mendirikan Perkumpulan yang Legal

Legalitas tidak hanya diperlukan ketika mendirikan usaha.  Hal tersebut juga dibutuhkan ketika Anda memiliki sebuah perkumpulan. Misalnya, perkumpulan para pencinta motor gede (moge), komunitas fotografi, perkumpulan pencinta sebuah klub sepak bola, dan lain-lain. Namun, Anda tentu bertanya-tanya, bagaimana cara pendirian perkumpulan yang legal?

 

 

Terkait aturan pendirian perkumpulan yang legal, pemerintah memang memiliki aturan yang minim. Aturan terkait legalitas sebuah perkumpulan bisa ditemui pada Statsblad 1870 serta KUH Perdata. Di situ dijelaskan kalau perkumpulan bisa didirikan dengan anggota minimal 2 orang dan bisa berdiri secara mandiri dengan menggunakan badan hukum.

 

 

 

Keuntungan Pendirian Perkumpulan yang Legal

 

Ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh ketika menjalani proses pendirian perkumpulan yang legal. Keuntungan tersebut adalah:

 

  • Perkumpulan berhak melakukan tindakan perdata. Misalnya, sebuah perkumpulan boleh melakukan perjanjian dengan pihak ketika terkait kegiatan tertentu. Perjanjian yang dibuat menggunakan nama perkumpulan juga secara otomatis mengikat seluruh anggota.

 

  • Perkumpulan yang telah memiliki badan hukum memiliki status persona standi in judictio. Artinya, perkumpulan tersebut dipandang oleh hukum sama seperti halnya manusia sebagai objek hukum, punya hak serta kewajiban.

 

  • Pendirian perkumpulan yang legal memungkinkan perkumpulan tersebut memiliki rekening resmi atas nama perkumpulan.

 

Dari penjabaran keuntungan tersebut, sebuah perkumpulan yang berbadan hukum bisa memiliki aset tetap sebagai kekayaan perkumpulan. Selain itu, perkumpulan juga bisa melakukan kegiatan usaha yang bisa disesuaikan dengan jenis perkumpulan yang dibentuk.

 

 

 

 

 

Cara Pengajuan Pendirian Perkumpulan yang Legal

Proses pengesahan badan hukum perkumpulan dilakukan oleh Kementerian Hukum dan HAM. Persyaratan serta cara pengajuannya mengacu pada Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 6 Tahun 2014 tentang Pengesahan Badan Hukum Perkumpulan.

 

Cara pengajuan perkumpulan yang legal bisa dilakukan dengan melalui tahapan berikut:

  1. Kunjungi situs resmi Ditjen AHU Kemenkumham di alamat www.ahu.go.id dan pilih ikon Perkumpulan.
  2. Di situ, Anda akan mendapati 2 opsi, yakni pemesanan nama oleh umum dan pemesanan nama oleh notaris. Pilih opsi yang pertama.
  3. Pada tampilan berikutnya, Anda akan diminta untuk memasukkan nama perkumpulan. Ada pula opsi tidak wajib untuk memasukkan singkatan perkumpulan dan beri tanda centang pada kotak yang ada di bawah.
  4. Selanjutnya, pemesanan nama perkumpulan telah selesai. Anda pun bisa mengecek status pemesanan nama perkumpulan itu di situs ini.

 

 

Langkah pendaftaran nama perkumpulan bisa dilakukan sendiri atau secara langsung menggunakan jasa notaris. Perlu diketahui, meski melakukan pemesanan nama perkumpulan sendiri lewat situs AHU, Anda tetap memerlukan jasa notaris untuk memenuhi persyaratan legalitas perkumpulan.

 

 

Sebelum melangkah lebih jauh, Anda perlu mengurus akta pendirian perkumpulan lewat notaris. Untuk pembuatan akta pendirian,

 

 

syarat-syarat yang dibutuhkan adalah:

  • Identitas pendiri perkumpulan (minimal 3 orang)
  • Anggaran dasar perkumpulan
  • Persyaratan menjadi anggota perkumpulan
  • Maksud serta tujuan pembentukan perkumpulan
  • Jangka waktu berdirinya perkumpulan
  • Susunan organ perkumpulan
  • Jumlah modal yang dipisahkan

 

Sumber: https://prolegal.id/2018/08/23/kenali-persyaratan-biaya-dan-prosedur-pendirian-pt-cv/

 

 

Setelah itu, proses selanjutnya juga dilakukan oleh notaris dengan memenuhi beberapa syarat, seperti:

  • Akta pendirian perkumpulan
  • Program kerja
  • Sumber pendanaan
  • Surat keterangan domisili
  • NPWP atas nama perkumpulan yang akan diajukan
  • Surat pernyataan tidak dalam sengketa kepengurusan atau sedang dalam perkara di pengadilan

 

 

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, perkumpulan yang Anda miliki sudah bisa mendapatkan badan hukum. Selanjutnya, badan hukum tersebut memberikan beberapa manfaat seperti yang telah disebutkan. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

Leave a Comment