Prosedur Pendaftaran Merek Internasional Yang Perlu Anda Ketahui

Sebelum mendaftarkan merek internasional, pahami dulu prosedur pendaftarannya berikut ini.

Mendaftarkan merek sangat penting bagi Anda yang memiliki merek dagang sendiri. Dengan memiliki merek yang terdaftar, maka secara resmi Anda akan memiliki hak atas merek tersebut.

Jika dilihat dari sudut pandang hukum, merek termasuk dalam hak kekayaan intelektual yang dapat didaftarkan melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) yang berada di bawah naungan Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Sementara, hak atas merek merupakan hak eksklusif yang diberikan oleh negara kepada pemilik merek untuk menggunakan sendiri merek tersebut atau memberikan izin kepada pihak lain untuk menggunakannya dalam jangka waktu tertentu.

Dengan memiliki merek yang terdaftar, pemilik merek akan mendapat perlindungan hukum apabila suatu saat terjadi suatu plagiarisme atau pemakaian merek tanpa seizin pemilik sahnya.

Meski begitu, mendaftarkan merek di DKJI saja terkadang kurang cukup bagi sebuah usaha yang sudah melebarkan sayapnya ke luar negeri. Untuk itu, selain mendaftarkan merek dalam negeri, ada baiknya jika merek tersebut juga didaftarkan secara internasional.

 

Cara Daftar Merek Internasional Lewat Protokol Madrid

Prosedur Pendaftaran Merek Internasional yang Perlu Anda Ketahui

Cara yang bisa Anda tempuh untuk mendaftarkan merek internasional adalah melalui protokol Madrid. Bagi Anda yang belum tahu, protokol Madrid merupakan sarana yang bisa membantu suatu merek untuk mendapatkan perlindungan di banyak negara.

 

 

Untuk mendaftarkan merek melalui protokol Madrid, Anda harus mengajukan aplikasi ke kantor dagang dari negara yang tergabung sebagai anggota. Namun sejak Indonesia resmi menjadi anggota protokol madrid pada bulan Oktober 2017 silam, kini para pemilik merek di Indonesia bisa langsung mendaftarkan mereknya secara langsung melalui DJKI.

 

 

Syaratnya, pemohon harus sudah memiliki merek yang terdaftar di DJKI atau sedang dalam proses pengajuan. Di samping itu, pemohon juga harus warga negara Indonesia yang memiliki domisili di Indonesia dan memiliki kegiatan usaha industri yang berlokasi di Indonesia.

 

 

Setelah syarat tersebut terpenuhi, selanjutnya pemohon bisa mengisi formulir MM2 dalam Bahasa Inggris yang dapat diunduh di http://www.dgip.go.id/prosedur-pendaftaran-madrid-protocol atau http://www.wipo.int/madrid/en/forms/.

 

 

Sebagai informasi, dalam mengisi formulir pendaftaran tersebut Anda sebaiknya menyesuaikannya dengan data pengajuan merek nasional atau basic application.

 

 

Selanjutnya, apabila sudah lulus verifikasi dan berkas dinyatakan lengkap, pihak DJKI akan mengirim berkas tersebut ke Biro Internasional yang dikeloka oleh World Intellectual Properti Organization (WIPO). Setelah proses di Biro Internasional sudah selesai, berkas kemudian akan dikirim ke negara-negara yang dituju.

 

 

 

 

 

Biaya Pendaftaran Merek Internasional

Prosedur Pendaftaran Merek Internasional yang Perlu Anda Ketahui

Untuk biayanya, selain biaya administrasi di DJKI, pemohon juga akan dikenakan basic fee sebesar 653 Swiss Franc (CHF)  yang harus dibayarkan secara langsung ke Biro Internasional serta individual fee yang nominalnya tergantung dari negara tujuan.

 

 

Jika ingin menghitung dan memperkirakan biaya yang diperlukan, Anda bisa menggunakan fitur fee calculation yang disediakan oleh WIPO dengan mengakses link berikut http://www.wipo.int/madrid/feecalc/FirstStep.

 

 

Untuk menggunakan kalkulator perhitungan tersebut, pertama Anda perlu memasukkan negara asal serta tipe pengajuan. Setelah itu, pilih negara tujuan dan klik tombol Calculate untuk melihat total biaya. Di bagian bawah, Anda bisa melihat basic fee untuk Biro Internasional dan individual fee untuk negara yang dipilih.

 

 

Contohnya apabila Anda memilih negara tujuan  Thailand (418 CHF) dan Singapura (242 CHF) maka total biaya yang harus Anda bayarkan adalah 1313 CHF (653 + 418 + 242 ), atau sekitar Rp19.136.000.

 

Demikianlah penjelasan singkat mengenai prosedur pendaftaran merek internasional. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment