Perkembangan Coworking Space di Indonesia

Perkembangan Coworking Space di Indonesia

Coworking space berkembang di Indonesia karena permintaan akan lingkungan kerja yang kondusif dan profesional terus menanjak.

Seiring dengan berjalannya waktu, perkembangan coworking space di Indonesia sudah semakin maju. Tempat bekerja dan berkolaborasi bersama ini sudah mulai hadir di beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, dan Denpasar. Pengelola menawarkan pengalaman bekerja yang menyenangkan dengan lingkungan yang kondusif.

 

Konsep dari coworking space di Indonesia baru muncul pada tahun 2010 silam di Bandung. Perlahan-lahan pengembangan bisnis ini mulai menyebar ke beberapa tempat dan diminati oleh banyak orang. Akhirnya coworking space tidak hanya dijadikan tempat untuk bekerja saja, tapi juga berkumpul dengan orang-orang yang memiliki visi dan misi yang sama.

 

 

Perkembangan bisnis coworking space di Indonesia

Coworking space di Indonesia terus berkembang dari waktu ke waktu. Perkembangan ini muncul karena banyak perusahaan startup atau pekerja kreatif yang menginginkan tempat kerja yang memiliki situasi kondusif dan bisa membuat aktivitas bekerja berjalan dengan nyaman dan juga lancar.

 

Bagi pekerja freelancer, bekerja di rumah memang menyenangkan. Namun, rasa bosan akan sering datang. Akhirnya, mereka lebih memilih untuk sesekali datang ke coworking space untuk bekerja dengan suasana baru. Selain itu, berada di coworking space juga akan membuat Anda bertemu dengan orang-orang yang memiliki visi dan misi yang sama.

 

Kebutuhan yang besar akan tempat kerja yang nyaman dan bisa berkomunikasi dengan banyak orang ini membuat banyak orang membuat coworking space. Mereka ingin mencoba mencari peruntungan dengan menyewakan ruangan umum atau ruangan privat.

 

 

 

Coworking space tidak hanya sekadar tempat kerja

Di tengah perkembangannya, banyak sekali stigma negatif yang diterima oleh coworking space. Tempat ini dianggap sebagai lokasi untuk duduk dan bekerja saja. Setelah bekerja, Anda bisa pulang seperti layaknya kantor pada umumnya. Mungkin kelebihan dari coworking space adalah memiliki akses internet yang cukup cepat.

 

Anggapan dari coworking space yang mirip kantor sebenarnya tidak benar. Di tempat ini Anda bisa melakukan komunikasi dengan orang lain. Bahkan, ide baru dan startup sering sekali muncul di tempat ini dari obrolan sederhana. Kalau bekerja di kantor tentu hal semacam ini tidak akan terjadi.

 

 

 

Layanan coworking space yang terus berkembang

Layanan yang diberikan oleh coworking space sebenarnya ada banyak dan tidak hanya tempat untuk bekerja saja. Ada layanan lain seperti ruang rapat atau ruang seminar. Dengan layanan ini penyewa bisa membawa klien atau partner bisnis berdiskusi dengan baik dan menghasilkan kesepakatan yang besar.

 

 

 

Dijadikan kantor untuk pemilik startup

Memiliki kantor untuk bekerja adalah impian semua orang. Sayangnya tidak semua orang bisa mendapatkannya. Biaya yang besar membuat mereka hanya bisa menyewa tempat seperti coworking space. Nah, di coworking space Anda bisa menyewa ruangan privat untuk kegiatan kantor dan memiliki alat domisili untuk keperluan surat-menyurat dengan kolega.

 

 

 

Tempat berkumpul dan melakukan kegiatan bermanfaat

Coworking space sering bekerja sama dengan organisasi kreatif hingga pemerintah untuk melakukan kegiatan seminar atau pelatihan. Bekerja di tempat ini bisa memberikan Anda banyak kesempatan untuk belajar hal-hal baru yang sebelumnya tidak pernah dipelajari atau dipikirkan. Dengan pengetahuan baru Anda bisa upgrade kemampuan sehingga kemampuan diri bisa meningkat.

 

Kalau Anda bisa berkumpul dengan orang-orang yang masih satu visi, kemungkinan terjadi diskusi menarik akan lebih besar. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak mencoba coworking space.

 

Inilah beberapa hal tentang coworking space dan perkembangannya yang terjadi di Indonesia. Nah. Anda sendiri lebih tertarik bekerja di kantor permanen atau bisa berpindah-pindah seperti coworking space?

Leave a Comment