Tahapan Pendaftaran OSS

Tahapan Pendaftaran OSS

 

Siapkan Nomor Induk Berusaha (NIB) dan kelengkapan dokumen lainnya untuk pengajuan izin usaha dan pahami tahapan-tahapan pendaftaran OSS.

 

Menjadi pelaku usaha di Indonesia haruslah memiliki izin usaha. Salah satu dokumen untuk mengajukan izin usaha adalah dengan memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB). Setelah semua dokumen telah dilengkapi, Anda bisa mengajukan izin usaha melalui Online Single Submission (OSS).

 

Bagaimana tahapan melakukan pendaftaran pengajuan badan usaha melalui OSS? Simak persyaratan kelengkapan dokumen dan tahapan pendaftaran OSS di Indonesia.

 

 

Peraturan Pemerintah tentang Online Single Submission (OSS)

Peraturan Pemerintah No.24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik (PP No.24/2018) menyatakan bahwa Online Single Submission (OSS) berhubungan dengan sistem perizinan untuk mengajukan izin usaha yang terintegrasi secara elektronik.

 

Lembaga OSS untuk dan atas nama menteri, kepala lembaga, gubernur, bupati, dan wali kota akan mengeluarkan izin usaha dengan sistem elektronik yang terintegrasi.

 

 

Manfaat Online Single Submission (OSS)

Untuk memudahkan Anda melakukan investasi atau membuat usaha di Indonesia, Anda harus memiliki izin usaha. Berikut ini manfaat-manfaat pengajuan izin usaha melalui Online Single Submission (OSS).

  1. Memberi kemudahan untuk melakukan berbagai pengurusan perizinan, seperti dokumen prasyarat perizinan terkait bangunan, lokasi, dan lingkungan, izin usaha, serta izin operasional untuk kegiatan operasional perusahaan di tingkat daerah atau pusat dengan memenuhi mekanisme komitmen persyaratan izin.
  2. Memberikan kemudahan berupa fasilitas untuk pelaku usaha agar dapat dengan mudah terhubung dengan para pemangku kepentingan dan mendapatkan izin secara cepat dan aman.
  3. Memberikan kemudahan fasilitas bagi pelaku usaha untuk melaporkan dan memecahkan masalah perizinan di satu tempat.
  4. Memberikan fasilitas bagi pelaku usaha untuk dapat menyimpan data perizinan dalam bentuk identitas berusaha berupa Nomor Induk Berusaha (NIB).

 

 

Tahapan Pendaftaran Online Single Submission (OSS)

Berikut ini adalah tahapan-tahapan pendaftaran Online Single Submission (OSS) untuk mendapatkan izin usaha.

  1. Melakukan pembuatan dan aktivasi akun OSS.
  2. Memiliki pengesahan akta pendirian (jika badan usaha).
  3. Mendaftar di OSS di formulir registrasi dengan menggunakan nomor induk kependidikan (NIK) penanggung jawab badan usaha atau pelaku usaha perorangan.
  4. Memverifikasi akun OSS yang berisikan identitas pengguna dan kata sandi sementara untuk bisa masuk ke sistem OSS.
  5. Mendaftar untuk mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB) dan dokumen-dokumen penunjang lain.
  6. Mendapatkan izin usaha, izin lokasi, izin komersial atau operasional, dan izin lingkungan. Izin-izin tersebut harus diurus jika badan usaha atau perusahaan perseorangan tersebut diperlukan.
  7. Memiliki sarana dan prasarana sendiri pada status bangunan usaha.
  8. Memiliki izin mendirikan bangunan gedung (IMB).
  9. Memiliki sertifikat laik fungsi (SLK).
  10. Melakukan aktivasi terhadap perizinan yang telah diterbitkan oleh OSS setelah bersedia untuk berkomitmen dan membayar biaya administrasi perizinan seperti retribusi, penerimaan negara bukan pajak (PNPB), dan jenis biaya lainnya sesuai dengan peraturan yang berlaku.

 

Kesulitan Pengajuan Izin Usaha melalui Online Single Submission (OSS)

Jika Anda sebagai pembuat usaha mengalami kesulitan dalam proses pengajuan izin usaha melalui OSS, Anda bisa menghubungi HELP DESK/CALL CENTER atau mendatangi OSS Lounge di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia.

 

Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang pelayanan perizinan atau membuat pengaduan melalui menu help desk pada www.oss.go.id atau melalui aplikasi keluhan investor yang ada di www.oss.go.id. Selain itu, Anda juga bisa mengirimkan email tentang bantuan teknis perizinan di satgasnasional@ekon.go.id dan bantuan teknis sistem di helpdesk.oss@insw.go.id.

 

Setelah prasyarat memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) dan dokumen-dokumen lain lengkap, Anda bisa dengan mudah mengajukan izin usaha melalui Online Single Submission (OSS). Ikuti tahapan pendaftaran OSS sampai akhir dan dapatkan kartu izin usaha di Indonesia.

Leave a Comment