Inilah Beberapa Kendala yang Umum Terjadi Saat Hendak Mendirikan Badan Usaha

 

 

Berikut adalah beberapa kendala yang umum ditemui dalam proses mendirikan badan usaha.

Setiap orang yang tengah menjalankan usaha tentu ingin agar badan usaha mereka dapat diakui secara resmi. Oleh karena itu, pengajuan pendirian badan usaha baik secara perorangan maupun kolektif kini semakin meningkat dari waktu ke waktu. Sebab selain bisa memberikan kekuatan hukum kepada bisnis yang tengah Anda jalani, juga memiliki beragam keuntungan lain, seperti dapat memudahkan pengurusan berbagai izin untuk mengembangkan usaha serta memuluskan langkah untuk memperoleh kontrak pada proyek-proyek tertentu.

Dalam perkembangannya, pemerintah memang telah meresmikan peraturan pendirian badan usaha yang lebih mudah untuk mengakomodasi dan menstimulasi perkembangan wirausaha di Indonesia. Akan tetapi, pada praktiknya tentu masih ada beberapa kendala yang dapat mempersulit Anda dalam memperoleh izin resmi.

 

 

Berikut adalah ulasan dari masing-masing kendala tersebut.

Kendala Penentuan Bidang Usaha

Menentukan bidang usaha yang Anda jalani secara jelas dan spesifik adalah kendala yang sangat umum dialami oleh para pemula. Padahal, sejatinya hal ini sangat penting karena berkaitan erat dengan soal pengajuan izin usaha yang Anda perlukan. Untuk mengatasi hal tersebut, ada dua cara yang bisa menjadi solusi.

Pertama, pahami secara saksama klasifikasi baku lapangan usaha Indonesia (KBLI). Panduan ini secara jelas telah diatur melalui Peraturan Kepala Badan Pusat Statistik Nomor 95 Tahun 2015. Pada panduan tersebut, Anda akan menemukan beragam jenis bidang usaha yang telah dikategorikan dengan kode-kode tertentu. Apabila tidak ada satu pun definisi yang tepat bagi bidang usaha yang Anda jalani, Anda dapat menggunakan deskripsi bidang usaha yang paling mendekati saja.

Kedua, jika Anda sulit menentukan bidang usaha karena adanya bantuan modal dari pihak asing, maka Anda perlu memahami Daftar Negatif Investasi (DNI). Pada daftar ini, Anda akan menemukan panduan yang tepat untuk mendirikan usaha dalam bentuk PMA (penanaman modal asing).

Kendala Perizinan

Kendala yang umum terjadi selanjutnya adalah soal perizinan. Karena banyaknya perizinan yang harus diurus, para pengusaha sering kali kesulitan dalam menentukan izin mana yang perlu diperoleh terlebih dahulu. Bayangkan, untuk daerah DKI Jakarta saja ada lebih dari 25 jenis perizinan badan usaha.

Untuk mengatasi hal ini, langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan memahami model usaha Anda terlebih dahulu. Sebagian pengusaha hanya memperhatikan definisi perizinan tanpa menyadari bahwa bisnis yang mereka jalani sebenarnya tidak sesuai dengan jenis perizinan yang diurus.

Jika masih ragu, Anda mungkin perlu berkonsultasi pada pihak profesional. Salah mengajukan perizinan hanya akan membuang waktu Anda yang berharga serta menghabiskan biaya yang tidak perlu.

Kendala Waktu

Semua orang pasti ingin proses pengajuan pendirian usaha yang cepat. Namun, perlu dipahami bahwa semua proses memerlukan waktu. Oleh karena itu, Anda harus bersabar dalam mengurus segala hal yang diperlukan untuk dapat mendirikan badan usaha.

Menggunakan Jasa www.legalo.id sebagai Solusi Kendala Anda

Demikianlah beberapa kendala yang sangat umum terjadi saat Anda tengah mengajukan pendirian badan usaha. Lebih mudahnya, Anda dapat menggunakan jasa dari www.legalo.id untuk mendapatkan beragam penawaran terbaik terkait pendirian badan usaha. Tak hanya itu, Legalo juga menyediakan layanan pembuatan virtual office yang memungkinkan Anda untuk membuka usaha tanpa perlu memiliki kantor atau perusahaan fisik. Segera hubungi Legalo dan rasakan kemudahan berbisnis tanpa perlu repot-repot lagi.

Leave a Comment