Persyaratan & Prosedur Mendirikan Badan Usaha

 

 

Salah satu syarat mendirikan badan usaha adalah lokasi. Manfaatkan virtual office untuk memudah proses pembuatan akta

Kenyamanan tentu menjadi pilihan utama ketika bekerja. Bukan hanya dari rekan yang cocok, tetapi juga tempat kerja yang dapat membantu memunculkan ide-ide segar terkait pekerjaan yang tengah ditangani.

Salah satu tempat ternyaman adalah virtual office yang memiliki konsep layaknya kafe. Anda dapat bebas bekerja di mana saja dengan gaya apa saja, asal tugas kantor selesai sebelum tenggat waktu. Sistem sewanya juga tidak memberatkan. Terlebih ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh seperti alamat kantor tanpa perlu membangun gedung sendiri. Selain itu, ada orang-orang seprofesi yang dapat diajak untuk bertukar pikiran.

Kendati demikian, dalam penyewaan virtual office, tentu ada persyaratan yang harus Anda miliki; yaitu adanya badan usaha yang tengah dibangun baik perseorangan, CV, maupun skala besar seperti PT. Nah, untuk mendirikan badan usaha, tentu ada persyaratan dan prosedurnya.

Apa saja itu? Mari simak ulasan singkat berikut:

 

 

 

Jenis-Jenis Badan Usaha Beserta Prosedur Pendirian

 

1.     Perusahaan Perseorangan

Dalam mendirikan perusahaan perseorangan, langkahnya lebih mudah dan simpel. Anda hanya perlu menyiapkan kartu tanda pengenal serta menentukan nama calon perusahaan. Nama tersebut bisa diambil dari nama sendiri atau gabungan dari beberapa nama. Selain itu, tujuan didirikannya perusahaan juga harus jelas.

Jika ketiga hal tersebut sudah ada, Anda bisa langsung mendatangi notaris untuk pengesahan. Jangan lupa, tempat usaha juga perlu dicantumkan. Bila belum memiliki bangunan sendiri, manfaatkan virtual office. Selain biaya yang lebih murah dibanding membangun gedung sendiri, alamat kantor pun didapat dengan nomor telepon. Fasilitas lain seperti jaringan internet dan ruang pertemuan juga ada. Jadi, lebih hemat pengeluaran sewaktu perusahaan sedang dimulai.

 

2.     Perserikatan Komanditer (CV)

Syarat berkas yang harus ada ketika hendak mendirikan badan usaha perserikatan komanditer (CV) tidak jauh berbeda dengan perusahaan perseorangan. Identitas pendiri yang umumnya lebih dari 2 orang, nama badan usaha, serta alamat wajib tersedia. Selanjutnya, para pendiri menghadap notaris membawa berkas persyaratan yang nantinya akan dicatat dan mendapatkan akta, sebelum didaftarkan pada pengadilan negeri.

Dalam proses pendaftaran tersebut, Anda juga perlu menyiapkan SKDP (Surat Keterangan Domisili Perusahaan) serta NPWP atas nama CV yang baru saja dibuat. Hal ini untuk menguatkan perusahaan ketika harus berurusan dengan instansi resmi pemerintah nantinya.

 

3.     Perseroan Terbatas (PT)

Ada banyak data yang perlu dipersiapkan dalam mendirikan sebuah perseroan terbatas, mengingat PT merupakan perusahaan berskala besar. Di antara dokumen yang perlu ada ketika mendatangi notaris ialah identitas para pemegang saham, nama perusahaan, bidang usaha, susunan anggota direksi dan komisaris perusahaan, KTP calon direktur beserta NPWP, serta foto berukuran 3×4 dari seluruh anggota direksi dan komisaris.

Jika perusahaan perseorangan maupun CV tidak menetapkan batasan minimal modal yang harus dimiliki, maka PT mewajibkan perusahaan memiliki modal minimal sebesar Rp51.000.000,00. Dari modal tersebut, sebesar 25% harus disetorkan ke kas perseroan untuk cadangan keuangan perusahaan.

Berkas sudah di tangan, maka akta notaris pun jadi. Anda bisa mengukuhkan perusahaan di pengadilan negeri sekaligus mengurus dokumen pendukung lainnya seperti SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan), PKP (Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak) untuk mendaftarkan diri jika nantinya perusahaan tersebut memiliki kewajiban membayar pajak sesuai peraturan Undang-Undang Pajak Pertambahan Nilai/PPN 1984 dan perubahannya. Tujuan lainnya, agar perusahaan terhindar masalah di kemudian hari terkait pembayaran pajak.

Tentu dalam mendirikan badan usaha tidak semudah membalikkan telapak tangan. Selain dokumen yang perlu dipersiapkan, waktu pun harus rela dikorbankan untuk mengurus semuanya. Bila tidak ingin repot, Anda bisa menyerahkan ke ahli dan tinggal beres menunggu hasil. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Comment