Mengenal Lebih Lanjut Tentang Akta Perubahan Pendirian PT

Mengenal Lebih Lanjut Tentang Akta Perubahan Pendirian PT

 

Akta Pendirian PT dapat diubah dengan beberapa kondisi. Ini hal-hal yang harus diketahui seputar itu.

PT (Perseroan Terbatas) adalah salah satu jenis badan usaha yang didirikan oleh dua orang atau lebih. Masing-masing pendiri akan menjadi pemegang saham dan berhak menyampaikan suara demi pengembangan usaha tersebut. Untuk mendirikan sebuah PT, ada prosedur dan syarat yang harus dipenuhi. Salah satunya, harus memiliki akta pendirian PT.

 

 

Mengenal Akta Pendirian PT

Perikatan antara dua orang ketika mendirikan PT harus disahkan dengan Akta Pendirian. Akta ini harus dibuat di depan Notaris untuk menjamin legalitasnya. Dalam akta tersebut tercantum beberapa hal penting seputar PT yang didirikan. Berikut di antaranya:

 

  • Nama dan lokasi PT
  • Maksud dan tujuan PT tersebut didirikan
  • Waktu berdirinya PT
  • Modal yang digunakan dalam pendirian tersebut, antara lain modal dasar, modal ditempatkan, dan modal disetor.
  • Segala hal seputar saham, mulai dari jumlah, klasifikasi, hak-hak yang melekat, serta nilai nominal tiap saham.
  • Jabatan dan jumlah anggota yang termasuk dalam direksi atau Dewan Komisaris
  • Tata cara penyelenggaraan RUPS dan penetapan tempat.
  • Tata cara yang digunakan untuk mengangkat, mengganti, serta memberhentikan Dewan Komisaris dan Direksi.
  • Tata cara terkait penggunaan laba dan membagi dividen.

 

Ini adalah keterangan yang sekurang-kurangnya harus ada dalam sebuah Akta Pendirian. Seluruh deskripsi tersebut termasuk dalam Anggaran Dasar.

 

 

Alasan Melakukan Perubahan

Akta Pendirian ini akan terus berlaku apabila tidak ada perubahan yang mendasar dalam poin-poin yang tercantum dalam Anggaran Dasar. Sebaliknya, jika ada perubahan, Akta Pendirian PT harus mengalami perubahan.

 

Ada beberapa alasan melakukan perubahan Akta Pendirian PT, yaitu sebagai berikut:

  • Ada perubahan bidang usaha

Sebuah bisnis dapat berkembang atau berubah sesuai dengan perkembangan zaman. Dalam hal ini, harus dilakukan perubahan pada akta pendirian karena sudah tidak selaras dengan usaha yang dijalankan. Pada umumnya, bidang usaha dapat dibedakan atas jenisnya, seperti pertanian, perikanan, kuliner, dan sebagainya.

 

  • Terjadi perubahan modal

Karena situasi dalam perusahaan, pemilik usaha mungkin akan membutuhkan modal tambahan. Modal ini bisa didapatkan dari orang luar. Setelah menyuntikkan modal tambahan, orang tersebut dapat dimasukkan dalam jajaran pemegang saham.

Karena di dalam Akta Pendirian PT tercantum nama pemegang saham, otomatis akta tersebut pun harus diubah.

 

  • Terjadi pergantian Direksi dan Dewan Komisaris

Salah satu alasan perubahan Akta Pendirian PT adalah karena terjadi pergantian direksi dan Dewan Komisaris. Pergantian biasanya dipicu oleh ketidakpuasan anggota direksi terhadap kinerja direktur yang sebelumnya. Nah, berdasarkan kesepakatan bersama dan mengacu pada tata cara penggantian direksi, direktur baru bisa diangkat.

Perubahan Akta Pendirian PT juga bisa dilakukan apabila ada perubahan mendasar lainnya yang tercantum dalam Anggaran Dasar PT tersebut. Untuk membuat sebuah Akta Pendirian PT maupun mengubahnya, pendiri harus mendatangi pihak Notaris untuk melakukan perikatan tersebut. Karena terikat secara hukum, akta ini perlu terus diperbaharui sesuai dengan fakta yang terjadi di dalam perusahaan.

Biasanya, perubahan akta tersebut berpeluang dilakukan setelah Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Kebijakan-kebijakan baru terkait penyelenggaraan perusahaan diambil dalam forum tersebut. Dalam RUPS, setiap pemilik saham dapat menyampaikan pendapatnya. Keputusan biasanya diambil berdasarkan hasil dari musyawarah untuk mufakat. Jika hal ini tidak terjadi, keputusan akan bersifat sah apabila disetujui oleh lebih dari setengah jumlah suara.

Namun, khusus untuk mengubah Anggaran Dasar, keputusan akan sah apabila disetujui oleh dua per tiga dari jumlah suara yang keluar. Rapat perubahan Anggaran Dasar pun akan sah jika dihadiri oleh dua per tiga jumlah pemegang saham. Nah, demikian ulasan singkat mengenai akta perubahan pendirian PT yang patut diketahui oleh para pengusaha.

 

Baca juga: Keuntungan jika mendirikan PT

Leave a Comment