Layanan Prioritas pada PT PMA (Penanaman Modal Asing)

layanan prioritas PT PMA

 

Pemilik PT PMA akan mendapatkan layanan prioritas sesuai dengan UU No. 25 tahun 2007 tentang modal asing.

 

Jumlah pemodal asing yang masuk ke Indonesia dan mendiri banyak perusahaan ada banyak. Bahkan seiring dengan berkembangnya negeri ini, investor asing akan banyak melirik Indonesia sebagai salah satu negara tujuan investasi yang besar. Nah, karena investasi juga menggerakkan perekonomian, pemerintah juga memberikan perhatian lebih.

Berdasarkan UU No. 25 tahun 2007 tentang modal asing PT PMA atau Perseroan Terbatas Penanaman Modal Asing mendapatkan perhatian khusus. Ada banyak sekali layanan prioritas yang bisa didapatkan sesuai dengan aturan pemerintah tersebut.

 

Beberapa Alasan Pemberian Layanan Prioritas

Sebenarnya berdasarkan UU No. 25 tahun 2007, tidak ada perlakukan istimewa pada pemodal asing dari negara mana pun. Namun, hak istimewa akan diberikan kalau ada kerja sama antara pemerintah Indonesia dengan negara sahabat.

Selain hak istimewa karena kerja sama, layanan prioritas yang diterima oleh PT PMA juga terjadi karena beberapa hal di bawah ini.

  • Pekerja yang akan masuk ke perusahaan dianjurkan berasal dari penduduk lokal. Pasalnya lokasi usaha berada di Indonesia, jadi mau tidak mau pekerja yang ada di sekeliling lokasi harus didahulukan ketimbang pekerja asing. Pekerja asing mungkin bisa dipekerjakan, tapi untuk posisi tertentu seperti tenaga ahli.
  • Perusahaan dengan modal asing juga harus memberikan tambahan kompetensi pada pekerja lokal. Penambahan ini bisa dilakukan dengan pemberian pelatihan atau mungkin pendidikan lainnya sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku.
  • Perusahaan juga wajib melakukan alih teknologi dari pekerja asing ke pekerja lokal. Sebelum melakukan ini pelatihan yang intensif juga harus dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku.
  • Ikut membangun beberapa infrastruktur yang bermanfaat untuk masyarakat sekitar dari perusahaan.
  • Melakukan usaha di kawasan terpencil sehingga kawasan itu mulai bergerak untuk maju.
  • Ikut membantu pemerintah dan menjaga kelestarian lingkungan.
  • Bermitra dengan usaha lokal seperti UMKM.

 

Jenis Layanan Prioritas pada PT PMA

PT PMA juga mendapatkan layanan prioritas sesuai dengan UU No. 25 tahun 2007 tentang modal asing. Jenis layanan itu terdiri dari:

  • Diberi kesempatan untuk melalukan perluasan usahanya yang sedang dijalankan. Selanjutnya kalau ingin menanamkan modal ke perusahaan atau startup baru akan dipermudah.
  • Pajak penghasilan akan dihitung dengan melakukan pengurangan pendapatan neto terlebih dahulu sampai tingkat tertentu.
  • Kalau perusahaan melakukan impor barang, mesin, atau komponen lain untuk keperluan produksi di dalam negeri, pemerintah akan meringankan bea masuknya. Pada tingkat tertentu, pembebasan bea masuk juga bisa dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku.
  • Pembebasan atau pemberian keringanan bea masuk pada bahan penolong dalam angka waktu tertentu dan sesuai syarat yang sudah ditetapkan sebelumnya.
  • Penangguhan atau pembebasan PPN atas impor barang modal atau perlengkapan alat produksi selama di dalam negeri belum diproduksi. Penangguhan ini sifatnya sementara.
  • Keringanan PBB kalau memiliki wilayah usaha di tepat tertentu.
  • Pemerintah juga akan memberikan kemudahan pelayanan dan/atau perizinan untuk beberapa hal seperti hak atas tanah yang digunakan untuk melakukan usaha. Selanjutnya fasilitas pelayanan keimigrasian, dan perizinan impor barang untuk kebutuhan usaha.
  • Hak guna usaha selama 95 tahun, hak guna bangunan 80 tahun, dan hak pakai selama 70 tahun.
  • Pekerja asing yang merupakan penanam modal juga mendapatkan hak tinggal sementara selama 2 tahun dan bisa diperpanjang.

Berikut beberapa ulasan tentang layanan prioritas yang akan diterima oleh PT PMA. Semoga ulasan di atas membantu Anda untuk lebih memahami permodalan asing di Indonesia.

Referensi: https://smartlegal.id/smarticle/2019/01/25/pendirian-pt-pma-penanaman-modal-asing/

 

Demikian ulasan mengenai prosedur pendirian PT PMA di Indonesia. Semoga bermanfaat.

Membutuhkan asistensi dalam pendirian PT PMA? Kami dapat membantu Anda. Hubungi 0821-1234-1235 atau email ke slc@smartlegal.id

 

Penulis: SPY On Business

Leave a Comment